Translate

Minggu, 27 November 2011

Pemanfaatan Beras dan Bekatul Beras Rendah Lemak dalam Pembuatan Cake

download di sini

Chatarina Yayuk Trisnawati dan Anita Maya Sutedja
 Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Dinoyo 42 – 44 Surabaya 60265


Abstrak

                Beras dapat dimanfaatkan untuk pembuatan cake. Cake merupakan produk pangan yang terbuat dari tepung terigu pada umumnya, telur, lemak, gula, bahan pengembang dan flavoring yang dicampur menjadi suatu adonan kemudian dipanggang.  Penggunaan beras dalam bentuk tepung dapat mengurangi ketergantungan akan tepung terigu, memanfaaatkan bahan pangan lokal serta menyediakan produk pangan bagi penderita gluten intolerant.
                Penggunaan bekatul beras dapat meningkatkan kadar serat pangan pada cake beras. Penelitian ini menggunakan bekatul beras yang sudah dihilangkan lemaknya (rendah lemak).  Penggunaan bekatul beras rendah lemak dilakukan mulai proporsi 0%, 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% dari berat total tepung beras yang digunakan.  Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan ulangan sebanyak empat kali. 
                Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bekatul beras rendah lemak tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, volume spesifik, kompresibilitas serta kesukaan terhadap rasa dari cake beras.  Penggunaan bekatul beras rendah lemak berpengaruh nyata terhadap kenampakan crumb, kesukaan terhadap warna, crumbliness dan kelembutan cake beras.  Penggunaan bekatul beras rendah lemak sebesar 20% menghasilkan cake beras yang masih dapat diterima oleh panelis.


Kata kunci : beras, bekatul beras rendah lemak, cake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar