Translate

Kamis, 24 November 2011

KAJIAN AWAL PENURUNAN KADAR TIMBAL DAN KROM DENGAN MENGGUNAKAN BATUBARA DALAM REAKTOR PIPA

download di sini

Sani, Dwi Hery Astuti
Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN ”Veteran” Jawa Timur
Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar Surabaya Telp.(031) 8706369
Fak(031) 8706372

ABSTRAK

Adsorbsi merupakan suatu proses yang dapat digunakan untuk penanganan air limbah karena proses nya tidak terlalu rumit, disamping itu juga bahan untuk mengadsorbsi mudah didapat serta biaya operasionalnya murah. Banyak bahan yang dapat digunakan sebagai absorben salah satunya adalah batubara. Batubara disamping  sebagai bahan bakar  juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengadsorbsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  seberapa besar kemampuan barubara lignit dalam menurunkan kadar logam berat Cr(krom) dan Pb(Timbal) pada reaktor pipa.
Proses adsorbsi dilakukan dengan mengalirkan limbah elektroplating pada bak penampung kedalam sebuah reaktor pipa yang didalamnya berisi batubara sebagai absorben dengan aliran kontinyu. Dalam penelitian ini akan mempelajari pengaruh batubara sebagai adsorben untuk menurunkan konsentrasi logam berat krom dan timbal pada sebuah reaktor pipa (kolom) dalam berbagai laju alir dengan peubah sebagai berikut : Tinggi Unggun (Cm): 25, 30, 35, 40, 45. Laju alir (ml/menit) : 35, 50, 65, 80, 95.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penurunan konsentrasi logam krom terbaik yaitu sebesar 7,343 mg/L dengan % removal sebesar 64,406 % dan penurunan konsentrasi logam timbal terbaik yaitu sebesar 0,216 mg/L dengan % removal sebesar 40,659 %, hasil ini dicapai pada laju alir 35 ml/menit dengan tinggi unggun pada kolom sebesar 45 Cm.

Kata kunci: adsorbsi, Batubara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar